Teknologi Smartphone Yang Tidak Aman Untuk Digunakan

Teknologi Smartphone Yang Tidak Aman Untuk Digunakan – Berapa lama ponsel harus disimpan sebelum diupgrade? Dalam kasus ponsel pintar, jawabannya tidak terlalu berkaitan dengan usia fisik (kecuali jika pengguna menginginkan fitur ponsel baru) dan lebih berkaitan dengan perangkat lunak apa yang dapat dijalankan oleh ponsel tersebut dan apakah sudah ditambal untuk kerentanan terbaru yang diketahui.

Teknologi Smartphone Yang Tidak Aman Untuk DigunakanTeknologi Smartphone Yang Tidak Aman Untuk Digunakan

Dalam hal ini, iPhone terbaik dan ponsel Android terbaik sangat berbeda, tetapi kesenjangannya semakin menyempit.

Rryalsrussell.com – Keamanan perangkat seluler terletak pada perangkat lunak dan bukan pada perangkat kerasnya. Menurut Chet Wisniewski, Penasihat Keamanan Senior di Sophos Kanada, perangkat keras berubah lebih lambat karena jenis serangan yang paling umum dalam beberapa tahun terakhir lebih berfokus pada pencurian uang dan kredensial daripada mengeksploitasi kelemahan perangkat keras.

Baca juga : Cara Jual Buku Bekas Secara Online 2024

 

Wisniewski juga mencatat bahwa pengguna ponsel pintar cenderung memperbarui perangkat lunak mereka secara otomatis jika memungkinkan. Meskipun hal ini terutama berlaku untuk iPhone, masalah bisa muncul seiring bertambahnya usia ponsel cerdas, terutama perangkat Android.

Berapa lama Anda dapat menggunakan iPhone lama dengan aman?

Apple akan mendukung ponsel cerdas setidaknya selama lima tahun setelah model dirilis, tetapi terkadang lebih lama. Selama masa ini, iPhone akan menerima versi terbaru iOS dan patch terbaru untuk kerentanan yang diketahui. Mengingat kebanyakan orang mendapatkan ponsel cerdas baru setiap dua hingga tiga tahun, itu adalah penawaran yang cukup bagus.

Misalnya, jika Anda menggunakan iPhone 6 (dirilis pada bulan September 2015), meningkatkan ke iOS 14 bisa jadi sulit. Namun, Anda masih bisa menggunakan iOS 13, yang dirilis pada tahun 2019.

iPhone tertua yang bisa menjalankan iOS 15 adalah iPhone 6s, yang dirilis pada September 2015. Kami hampir yakin bahwa perangkat ini tidak akan bisa menjalankan iOS 15, tetapi Apple mengejutkan kami dengan memberikan perangkat lama ini (bersama dengan iPhone SE asli) satu tahun lagi.

Malware iOS masih belum umum, dan bahkan iPhone yang berusia lebih dari tujuh tahun lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi daripada smartphone Android. Namun, lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal, terutama ketika Apple telah membuat peningkatan ke sistem operasi terbaru menjadi begitu mudah dan nyaman.

Menurut angka Apple sendiri (terbuka di tab baru), pada Januari 2022, sekitar 72% pengguna iPhone telah meningkatkan ke iOS 15 dan menerima pembaruan keamanan reguler (untuk perangkat yang berusia kurang dari lima tahun). Apple mungkin tidak ingin mengungkapkan berapa banyak orang yang masih menggunakan iPhone lama mereka dengan aman.

Waktu penggunaan yang aman untuk ponsel Android lama.

Mengukur batas penggunaan yang aman untuk ponsel Android bisa jadi lebih sulit karena ponsel Android tidak memiliki standar yang sama dengan iPhone.

Beberapa tahun yang lalu, ponsel Android berhenti menerima pembaruan keamanan setelah tiga tahun, dan ini hanya mungkin jika semua pembaruan sebelumnya tersedia; lebih baik membeli ponsel baru setelah tiga tahun.

Situasi ini sekarang berubah. Google, Samsung, dan pembuat chipset Qualcomm telah berkomitmen untuk menyediakan pembaruan keamanan selama empat tahun untuk beberapa ponsel antara akhir 2020 dan awal 2021.

Google telah memperpanjang pembaruan keamanan untuk Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menjadi lima tahun, tetapi perangkat tersebut, seperti perangkat Pixel lainnya, hanya akan menerima pembaruan OS Android selama tiga tahun.

Untuk Qualcomm, semua model dengan chipset Snapdragon Qualcomm, termasuk Snapdragon 888 di sebagian besar flagships 2021, akan menerima pembaruan keamanan selama empat tahun dan tiga kali peningkatan Android.

Ponsel yang memenuhi syarat termasuk Xiaomi Mi 11, OnePlus 9, dan Samsung Galaxy S21. Samsung sekarang akan menjamin pembaruan keamanan selama empat tahun untuk semua smartphone Samsung Galaxy yang dirilis mulai tahun 2019, dimulai dengan seri Galaxy 10 dan Galaxy Note 10. Ini termasuk smartphone Galaxy yang tidak menggunakan chipset Qualcomm.

Secara umum, siklus produk ponsel Android kurang stabil dibandingkan dengan iPhone. Ratusan pembuat ponsel pintar menggunakan (dan mengutak-atik) Android, dan tidak pasti apakah perangkat lama, misalnya, akan memiliki versi terbaru dari sistem operasi dua tahun setelah dirilis.

Hanya perangkat Google Pixel yang dijamin memiliki pembaruan keamanan Android terbaru pada hari pembaruan tersebut dirilis, sementara perangkat terbaru dari Samsung, OnePlus, dan Motorola sering kali tidak memiliki jaminan tersebut. Situs web dukungan Google menawarkan jadwal untuk setiap perangkat Pixel untuk menerima pembaruan.

Misalnya, versi Android saat ini, Android 12, yang dirilis pada Oktober 2021, tidak akan berfungsi pada model dengan RAM kurang dari 2 GB; bahkan Google Pixel 3, yang dirilis pada Oktober 2018, tidak mendukung Android 12.

Namun, Pixel asli, yang dirilis pada Oktober 2016 dengan Android 7 Nougat, menerima Android 10 pada September 2019 dan pembaruan keamanan Android resmi terakhir pada bulan Desember di tahun yang sama.

Pixel 2, yang diluncurkan pada Oktober 2017, menerima pembaruan resmi terakhir pada Desember 2020, tetapi dapat diperbarui ke Android 11 (mereka yang memiliki paket layanan Perawatan Pilihan Google dapat menerima pembaruan hingga April 2021). Pemilik Pixel 2 yang ingin mempertahankan ponselnya tetap hidup harus melihat proyek Lineage OS, yang mendorong pembaruan Android ke perangkat yang lebih tua.

Bagan pembaruan keamanan Samsung sendiri (terbuka di tab baru) menunjukkan bahwa perusahaan menawarkan periode dukungan yang lebih lama daripada Google, bahkan untuk model pra-2019. Flagships Samsung yang lebih tua dapat menerima pembaruan selama hampir empat tahun.

Misalnya, Samsung Galaxy S8 yang dirilis pada bulan April 2017 tidak lagi menerima pembaruan. Namun, versi Lite yang dirilis beberapa bulan kemudian akan terus menerima pembaruan keamanan dua kali setahun mulai Maret 2022. Kedua model dikirimkan dengan Android 7 Nougat dan dapat ditingkatkan ke Android 10, yang dirilis pada Maret 2018 dan secara resmi hanya sampai Android 10, tetapi pada Maret 2022, Samsung Samsung Galaxy S9 dan S9+ berada di jalur untuk pembaruan triwulanan. Ponsel ini biasanya mendapatkan pembaruan dua kali setahun sebelum kehilangan dukungan sama sekali, sehingga mereka bisa mendapatkan pembaruan keamanan untuk beberapa bulan lagi.

Menurut pengumuman dukungan terbaru Samsung, ponsel ini akan tersedia hingga pertengahan tahun 2023.

Masalah lain dengan ponsel Android adalah bahwa versi sistem operasi Android yang lebih lama bertahan lebih lama dari yang seharusnya. Hal ini karena produsen ponsel sering kali mengirimkan model kelas dua atau model terjangkau yang tidak memiliki versi Android terbaru.

Hal ini membuat banyak pengguna tertinggal dan bahkan lebih tertekan, karena produsen, operator, dan pengguna sendiri tidak melakukan pembaruan sistem.

Menurut Statista (terbuka di tab baru), pada Februari 2022, Android 11 akan berjalan di 37% perangkat Android, sementara Android 10 akan memiliki 24% dan Android 9 Pie akan memiliki pangsa pasar 12%. Namun, Android 12 saat ini belum berjalan di ponsel yang cukup untuk pendaftaran.

Baca juga : Pengembangan Teknologi Virtual Reality 2024

Ini berarti, setidaknya secara teori, hanya 60 persen perangkat Android yang menerima pembaruan rutin. Namun, ini jauh lebih baik daripada pada bulan April 2017, ketika hanya sepertiga perangkat Android yang menjalankan sistem operasi yang kompatibel.

Ini berarti hingga 40 persen perangkat Android di seluruh dunia menjalankan versi lama yang tidak lagi menerima pembaruan keamanan. Ratusan juta ponsel ini pada dasarnya tidak aman untuk digunakan.

Google biasanya mendukung dua versi Android sebelumnya bersama dengan versi saat ini. Ini berarti bahwa hingga Maret 2022, Android versi 12, 11, dan 10 akan menerima pembaruan keamanan saat diinstal pada ponsel Pixel dan ponsel lain yang disediakan oleh produsen.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *